Senin, 10 Juni 2013

Bar Mitzvah

Pada Kesempatan kali ini saya akan menceritakan tentang apa yang saya dapat dari khotbah salah satu pendeta filipina yang sukses melayani jemaat jemaat kristen di hampir seluruh benua.

BAR MITZVAH
apa itu Bar Mitzvah??? pasti agak aneh di telinga anda.. saya sendiri pun merasa aneh mendengarnya..

apa ini nama makanan??? nama buku??? atau nama orang???

sudah pasti bukan itu jawabannya.
Bar Mitzvah merupakan suatu acara akbar yang sangat dinanti nantikan oleh orang orang Yahudi (israel). Kenapa saya amat begitu tertarik dengan hal ini??
Karena hal ini sangat lah unik. Hampir di seluruh negara2 di dunia, angka 13 seringkali dikatakan sebagai angka kesialan atau angka buruk ataupun angka setan. Di Cina misalnya, ada beberapa maskapai penerbangan di Cina, nomor seat di pesawat tidak ada nomor 13. Jadi sesudah angka 12, lalu ke 14. Ketakutan terhadap angka 13 pun juga terdapat di Amerika, bahkan di negra2 Asia. Termasuk Indonesia.

Tetapi, hal yang berbeda terjadi di Israel, angka 13 merupakan angka yang sangat Spesial di kalangan orang2 Israel. Di saat seorang putra berusia 13 tahun, maka seluruh keluarga besar akan mengadakan acara besar2an untuk meyambut tahun ke 13 si anak tsb. Acara tsb disebut Bar Mitzvah. pada saat anak tsb merayakan Bar Mitzvah, anak tersebut dipakaikan sebuah kain putih dan Kappah, lalu di gendong di atas pundak ayahnya. setelah itu anak tsb di berikan Torah (sebuah Kitab kelima kitab nabi Musa) dan Torah itu harus dibaca sambil berjalan menuju Tembok Ratapan.


Nah, mksud dari cerita saya tadi itu untuk merubah suatu paradigma anda ttg angka 13 yang umumnya orang beranggapan bahwa anka tsb merupakan angka sial.. karena sesungguhnya tidak ada angka kesialan..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar