Sabtu, 06 Oktober 2012

Peran dan kegiatan individu di dalam keluarga dan masyarakat


         Individu merupakan unit terkecil dalam keluarga dan kelompok masyarakat. Individu merupakan seorang manusia yang memiliki memiliki peranan khas di dalam lingkungan sosialnya, serta mempunyai kepribadian serta pola tingkah laku dirinya.
         Individu tidak akan jelas identitasnya tanpa adanya suatu masyrakat yang menjadi latar belakang keberadaanya. Individu berusaha memproses dirinya untuk membentuk perilakunya yang selaras dengan keadaan dan kebiasaan yang sesuai dengan perilaku yang telah ada pada dirinya.
           Ada beberapa contoh peran dan kegiatan individu baik di dalam keluarga maupun di tengah-tengah masyarakat.
1.       Peran dari seorang Ayah
a.   Peran ayah di dalam keluarga sebagai kepala rumah tangga, sebagai pencari nafkah untuk keluarga, sebagai guru, dan pelindung.
b.      Peran ayah di dalam masyarakat sebagai anggota dari kelompok sosialnya dan sebagai anggota masyarakat di lingkungannya.
2.      Peran dari seorang Ibu
a.  Peran ibu di dalam keluarga sebagai istri dari ayah dan ibu dari anak-anaknya, ibu berperan untuk mengurus rumah tangga, sebagai pengasuh, pendidik, dan pelindung anak-anaknya, disamping itu ibu juga dapat berperan sebagai pencari nafkah tambahan bagi keluarganya.
b.      Peran ibu di dalam masyarakat sebagai anggota dari kelompok sosialnya misalnya ibu-ibu PKK.
3.       Peran dari seorang anak
a.    Peran anak di dalam keluarga disesuaikan dengan usianya, anak pun dapat membantu pekerjaan rumah tangga yang biasa ditangani oleh ibunya.
b.    Peran anak di dalam masyarakat, seorang anak dapat berkumpul dengan anak-anak lainnya untuk membentu sebuah kelompok sosialnya sendiri untuk bersosialisasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar