Selasa, 17 November 2015

Legiun Veteran Republik Indonesia



Struktur Organisasi LVRI terdiri atas :
1.   Struktural Tetap
      a.   Dewan Pimpinan.
      b.   Dewan Pertimbangan.
      c.   Anak Organisasi.
      d.   Badan Pendukung.

2.   Struktural Tidak Tetap (Adhoc)
      a.   Dewan Kehormatan DPP LVRI
      b.   Tim Tanda Penghargaan LVRI
      c.   Tim Ahli

3.   Non Struktural
      a.  PIVERI
      b.  PPM

Susunan Organisasi DPP LVRI terdiri dari:
1.    Ketua Umum
2.    Wakil Ketua Umum I dan II
3.    Sekretariat Jenderal
4.    Departemen Kejuangan
5.    Departemen Hubungan Antar Lembaga
6.    Departemen Organisasi
7.    Departemen Kesejahteraan
8.    Departemen Perencanaan Umum dan Anggaran
9.    Departemen Validasi
10.   Bendahara
11.   Bantuan Hukum
12.   Hubungan Masyarakat


Tugas Pokok LVRI:
  1.   Menghayati, mengamalkan dan mengamankan Pancasila dengan tujuan untuk menjaga kelestarian serta pewarisannya kepada generasi muda sebagai penerus cita–cita Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  2.   Menangkal semua paham/ajaran yang berten-tangan dengan Pancasila.
  3.   Memperjuangkan terlaksananya undang–undang dan peraturan perundang–undangan yang mengatur pembinaan dan pengawasan terhadap massa Veteran Republik Indonesia dalam rangka berpartisipasi sosial serta kerja sama dengan Pemerintah.
  4.  Memberikan bimbingan dan perlindungan terhadap kegiatan Legiun Veteran Republik Indonesia di segala bidang.
  5. Mengikutsertakan para anggota beserta keluarganya sesuai dengan kemampuan dan bakatnya dalam kegiatan pembangunan, koperasi maupun usaha swasta atau usaha lain yang tidak bertentangan dengan peraturan perundang – undangan yang berlaku.
  6.   Merehabilitasi dan meningkatkan kemampuan kerja cacat Veteran Republik Indonesia untuk mendapatkan atau menciptakan kondisi seperti yang didapat oleh mereka yang non cacat.
  7.  Mengusahakan pendidikan dan latihan bagi anggota dan keluarganya dalam rangka pening-katan kemampuan sumber daya manusia serta pemupukan kepribadian dan kesadaran ber-negara dan bela negara.
  8. Meningkatkan usaha kesejahteraan bagi ang-gota dan keluarganya.
  9. Memelihara hubungan kerjasama dan kemitraan dengan organisasi Veteran negara lain sejalan dengan politik luar negeri yang bebas dan aktif bagi kepentingan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  10. Memupuk persatuan dan kesatuan, serta jiwa patriot bangsa sesuai jiwa, semangat dan nilai – nilai kejuangan 1945.

Sistem Dasar Penggajian Anggota Legiun Veteran Republik Indonesia:
Bagi seorang Veteran Pejuang Kemerdekaan Republik Indonesia yang berbakti dalam masa Revolusi fisik yang menjadi pegawai Negeri, maka masa baktinya selama itu diperhitungkan dua kali lipat sebagai masa kerja yang diperhitungkan untuk penetapan gaji, sepanjang ia tidak kehilangan haknya sebagai pegawai Negeri. Berbeda dengan maksud dan isi pasal 7 Undang-undang No. 75 tahun 1957 - Lembaran Negara tahun 1957 No. 162 yang mengakui masa-berbakti dengan perhitungan dua kali lipat sebagai masa dinas hatiya untuk perhitungan pensiun (yang telah diganti dengan Undang-undang No. 15 tahun 1965 - Lembaran-Negara tahun 1965 No. 76), maka diadakanlah perubahan mengenai masa-berbakti Veteran Pejuang Kemerdekaan Republik Indonesia yaitu berupa pengakuan dengan perhitungan dua kali lipat dari masa-berbakti tersebut sebagai masa-kerja penuh guna penetapan gaji sebagai pegawai Negeri, dengan maksud agar benar-benar dirasakan adanya penghargaan terhadap masa-berbakti secara nyata.

Komentar :
Organisasi Legiun Veteran Republik Indonesia merupakan sebuah organisasi dibawah Kementrian Pertahanan Republik Indonesia. Dalam organisasi tersebut mengayomi seluruh veteran – veteran yang ada di seluruh tanah air, guna menigkatkan kesejahteraan anggota serta tetap menjaga komunikasi diantara sesame veteran baik di dalam negri maupun luar negri. Organisasi ini sangatlah berguna bagi masyarakat luas guna mengetahui apa arti nasionalisme dan semangat juang yang disosialisasikan oleh anggota – anggota LVRI di serluruh Indonesia. LVRI dalam kehidupan bernegara sangatlah penting, karena organisasi ini mengingatkan bagi seluruh masyarakat akan pengorbanan para pahlawan kita pada masa dulu berjuang.
Bayangkanlah bila tidak ada organisasi LVRI, mungkin generasi – generasi muda hanya bisa melihat sejarah perjuangan bangsa ini hanya dari media – media digital saja, dan belum tentu semua sejarah itu benar. Maka dari itu Organisasi LVRI ini sangat penting untuk menumbuhkan ke seluruh generasi muda Indonesia rasa nasionalisme dan rasa juang yang tinggi untuk mempertahankan Negara ini dari berbagai ancaman yang akan menghancurkan ideologi Pancasila dan menghancurkan Negara.


Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar